Singal’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Mahasiswa dan Budipekerti

leave a comment »

Kemarin, 31 Januari 2008, beberapa surat kabar, TV memberitakan, mahasiswa Universitas Nomensen Medan, demonstrasi dan menduduki dan merusak kampusnya, bahkan jalan umum pun diblokir, hanya garagara tuntutan mereka tidak dipenuhi, tuntutannya tak perlu kutulis disini. Soal mahasiswa rusak-merusak kampusnya, di Jakarta juga pernah, di Ujungpandang juga pernah.

Mahasiswa demo untuk kebenaran dengan hasil sukses, sangat banyak, dan beberapa contoh yang telah terukir dalam sejarah bangsa dan negara adalah, peralihan dari orde lama ke orde baru dan peralihan dari orde baru ke reformasi, bahkan dengan pengorbanan jiwa dan raga oleh sebagian mereka.  Ketika itu, ada juga kerusuhan, pembakaran dll, tetapi jelas!!!, bukan dilakukan oleh mahasiswa.

Kata apa yang cocok gerangan pada fenomena ini, sungguh tak masuk diakal,  mahasiswa merusak kursi dan meja bahkan ruangan, tempat dimana mereka menggali dan menyerap ilmu, untuk masa depannya dan untuk bangsa dan negaranya. Menutup jalan umum lagi, padahal persoalannya internal. gilaa!!

“Tidak ada budi pekerti” mungkin adalah istilah paling cocok daripada “bandel, nakal jahat”. Lalu obatnya apa?, mencari obat ini sulit juga, tetapi rasanya Departemen Pendidikan dan Kebudayaan  perlu menata ulang cara mengajar belajar, terutama  pada sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Menurutku  budi pekerti perlu ditanam secara intensif disini, seperti dulu, pada jamannya buku SD/SMP tidak terlalu banyak, tetapi melahirkan bapak bapak dan ibu ibu bangsa.

Bisik-bisik: Saat ini SD/SMP diajar sebagai komputer, sehingga tidak berperasaan begitu maksudnya pak?

Advertisements

Written by Singal

February 1, 2008 at 4:38 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: