Singal’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Pohon Ekonomi Amerika Serikat

with 6 comments

Kalau kita dapat menggoyang sebuah pohon, maka pasti dahan, ranting dan daunnya akan ikut bergoyang dan bergetar. Hebat!!, tampaknya dalam ekonomi global, Amerika Serikat (AS) adalah pohon ekonomi. Bayangkan, karena krisis perumahan di AS baru-baru ini, katanya, ada sekitar satu triliun dolar (USD), dikucurkan untuk membantu masalah tersebut. Akibatnya?!, ekonomi AS jadi agak lesu.

Karena kelesuan ekonomi AS itu, maka semua negara yang paling banyak berkaitan dengannya akan bergetar alias penyakit lesunya menular. Namun, Rusia, India dan China tidak begitu merasakan, karena ekonomi mereka masih tetap tumbuh.

Sebagai ukuran, menurut Dana Moneter International (IMF), pada tahun 2006, Produk Domestic Bruto (PDB) Dunia samadengan 46.66 triliun USD, sedang AS, PDBnya sebesar 13.0 triliun USD, dengan pertumbuhan sebesar 2.2%, pada tahun 2007 yang lalu.

Bagaimana dengan Indonesia, bisakah seperti Rusia, India dan China?!. Kita tunggu saja, para akhli, orang pintar dan para menteri kita, serta DPR, in action.

______________

Bisik-bisik: Ketergantungan kita dengan AS, seberapa besar dan banyak kah?!

Advertisements

Written by Singal

February 4, 2008 at 9:21 pm

Posted in Ekonomi, Perubahan, Politik

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. assalamualaikum,

    bisa aja pak kita seperti Rusia, China dan India.

    solusi yang saya tawarkan : gimana kalo kita pake ekonomi riil (no pasar modal, no bank ribawi, no indikator makro)

    kedua gimana kalo kita pindah dari standar uang kertas ke standar uang emas.

    Insya ALlah kalo dah pake uang emas, krisis ekonomi akan hilang.

    pak, saya ada film menarik yang kemaren saya tonton, judulnya Zeitgeist. memang film itu kontroversial karena mengandung tiga bagian (nah yang bagian pertama itu yang kontroversial karena memuat perdebatan seputar Yesus). tapi yang ingin saya tunjukkan ke bapak adalah yang bagian ketiga yaitu “One World Government” wah seru sekali tuh film pak. coba aja cari…

    wassalam
    ________________
    dari Bisik-bisik: 1/ Wah, dengan uang emas maka tidak bisa dipalsu lagi, atau dicetak seenaknya begitu maksudnya kan?, 2/ Terimakasih, Akan kucoba menontonnya. Di Indonesia boro boro “one world Indonesia government” , sekarang saja pemekaran dan otonomi rame-rame diperebutkan, bukannya begitu pak?!

    Wisnu Sudibjo

    February 4, 2008 at 11:19 pm

  2. Pengaruh ekonomi Amerika mungkin sudah dirasakan oleh Indonesia ,hal ini terlihat dari inflasi pada bulan Januari 2008 sebesar 1,77% (1 tahun bisa mencapai 21%) oleh karena itu kita mulai waspada dan bersiap siap untuk lebih menghemat pengeluaran dan menghindari mengambil pinjaman /kredit.

    ______________
    dari Bisik-bisik: Ketika peluru habis dalam peperangan, berarti bersiap lari alias mundur, masih ada kaki untung digerakkan. Kalau yang dihemat sudah tidak ada, apa yang digerakkan ya!, berarti pinjam juga, begitu kan?

    indra tjahja

    February 5, 2008 at 10:14 am

  3. “Globalisasi” …..sebenarnya bangsa Indonesia sudah lama tahu….bahkan sudah banyak yang mengingatkan untuk mengantisipasi agar globalisasi bermanfaat buat kita bukan malah merugikan……
    Sayangnya…..yang dingatkan dan yang mengingatkan sama-sama NATO….
    (No Action, Talk Only)…..
    __________
    dari Bisik-bisik: Indonesia berada di ranting daun keringnya, begitu ya maksudnya?!

    AS-E2

    February 5, 2008 at 10:37 am

  4. Ranting daun kering? Klo itu sih yang digembalakan bocah angon, ia jg nggembalakan sisa potongan pohon. Ia tinggal di belakang sungai yg pintu rumahnya setinggi batu, ia akan dicari para blogger
    __________
    dari Bisik-bisik: Bocah angon, menunggu dan menjaga daun kering, agar tidak rusak terinjak, dan potongan pohonnya tidak dibakar, maksudnya begitu kan?!

    Kulon borobudur

    February 7, 2008 at 6:55 pm

  5. Ranting daun keringnya akan dipelihara bocah angon-nya prabu siliwangi
    ________
    dari Bisik-bisik: Bocah angon, sang pengawal, iya kan?!

    Endang

    February 7, 2008 at 8:31 pm

  6. Memang benar, tidak dipungkiri sampai sekarang perekonomian USA masih menjadi patokan. bukan karena nama besar negaranya, tapi memang pengaruh USA begitu kuat di dunia baik politik maupun ekonomi, jadi seperti ada pameo” USA bersi, seluruh dunia batuk batuk”… kira kira begitu kata orang.

    Indonesia tidak terlepas dari ketergantungan juga dengan USA, hubungan dagang dan politik kita masih banyak bergantung ke negara ini. semestinya banyak hal yang bisa kita lakukan agar bisa mempunyai fundamental ekonomi yang kuat, namun para pemimpin negara ini seolah enggan untuk berbuat sesuatu.

    Untuk pak Wisnu, bisa dikasih penjelasan ringkas hubungan antara uang emas dengan penyelesaian krisis?… karena pakai sistem uang apa pun bukan ini pokok masalahnya. mau uang emas, mau pake barter, atau apapun lah itu hanya sebagai alat.

    Demikian komentar saya,
    Salam hangat
    __________________
    dari Bisik-bisik: diperlukan pemimpin yang rajin, kuat dan dapat merasakan penderitaan masyarakat, begitu maksudnya kan?!

    Enro

    February 22, 2008 at 4:26 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: