Singal’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Merdeka!

with 45 comments

“Merdeka atau mati” teriak para pejuang, rakyat tua muda, bergema tahun 1945. Banyak pahlawan kusuma bangsa dimakamkan, ada di taman pahlawan ada yang tidak. Bagi yang masih hidup bergerak terus meneruskan perjuangan, dan tercapai merdeka!

Indonesia merdeka!!, gaungnya kemana-mana dan akhirnya diakui seluruh negara di dunia. Lalu anak bangsa sendiri yang memimpin. Memimpin mencapai cita-cita, dituliskan disepakati oleh elemen bangsa, yaitu Undang Undang Dasar 1945, dan Panca Sila. Semuanya jelas menuju adil makmur aman sentosa.

Apa yang terjadi?!, dari satu pemimpin ke pemimpin lain berganti ganti, dulu dan sekarang, ketidak puasan selalu mekar berbunga. Lupa akan tujuan yang dicita citakan, bahkan masih jauh, titiknya sajapun belum kelihatan (menurutku).

Ibarat pelatih sepakbola para penguasa negeri selalu sibuk mengutakngatik, model demokrasi ke model demokrasi lainnya, hasil yang muncul adalah balas dendam, kesalahan para pendahulunya. Kemudian, menunjukkannya dengan mata berbinar dengan air muka tersenyum, seolah baru menang ujian sekolah, “ini daftar kesalahan, pemimpin sebelum saya”. Lucunya, istilah cuci-piring sangat terkenal dan sering diucapkan pejabat baru dan politikus baru.

Great Wall, konon satu-satunya bangunan buatan manusia yang dapat dilihat dari luar angkasa dengan mata telanjang, dibangun ratusan tahun, oleh satu dinasti ke dinasti lain, dari satu kaisar ke kaisar lainnya, mereka juga ada yang bunuh-bunuhan rebutan kekuasaan, tetapi cita-cita dilanjutkan dengan sepenuh tenaga dan akhirnya pembangunannya selesai juga. Begitu juga pembangunan lainnya, luar biasa.

Indonesia, negeri tercinta??, saya bukan ahlinya, tetapi peninggalan belanda habis pelan-pelan termasuk programnya, penataan pulau, penduduk dan lain-lain, ini kata temanku, makanya lanjutnya “karet, kelapa sawit dan tembakau ditanam baca diprogramkan di Sumatera Utara bagian timur, awal datangnya nenek moyang saudaraku PUJAKESUMA”, lalu dilanjutkannya, “ini hanya contoh kecil. Saat ini pulau Jawa makin padat, karena penataan (program) pusat bisnis dan lain-lain, semua berada di pulau Jawa, maka berbondong bondonglah penduduk (kita) kesini”.

Temanku nyorocos terus, “Lain lagi Jakarta, konon Pasar Minggu, Senen, Rebo, Kamis, Jumat hilang keasliannya”, katanya, “Harmony?, eeh dulu konon juga kapal kecil bisa berlabuh di belakang kantor Gubernur, alias istana Presiden sekarang, menjadi kali yang bau menyengat”

Saat ini REFORMASI, kita kembali mengisi kemerdekaan, dengan satu pertanyaan “apa program berkesinambungan penguasa negeri, untuk mencapai cita-cita?!”, dulu ORLA ada Trikora, Dwikora, satukan Nusantara. Dulu ORBA ada REPELITA, tak dipungkiri (pendapatku) sebenarnya sebuah program yang sangat bagus, lalu ada GBHN.

Mungkinkah kita adalah bangsa pendendam (semoga tidak benar) maka sulit maju?. Kita adalah bangsa yang ramah dan pendamai antar sesama dengan meletakkan dasar yang sudah ada pada tempatnya. Merdeka!!

__________________________

dari Bisik-bisik: Mereka para penguasa negeri, perlu berbicara satu sama lain dengan sabar lembut dan rendah hati, iya kan?! Mereka harus berhati jernih, agar menghasilkan pekerjaan yang baik, begitu maksudnya kan?! (obrolan dengan temanku)

Advertisements

Written by Singal

August 16, 2008 at 8:11 pm

45 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Pertamax nih hehe
    __________________
    dari Bisik-bisik: iya mbak Rita, surprise!!, kunjungan yang memberi semangat. Dan semangat yang tidak akan padam, iya kan?!

    Rita

    August 16, 2008 at 10:14 pm

  2. Merdeka Juga!
    Kesinambangan juga perlu dilakukan oleh pelaku yg berkesempatan berkesinambungan… Gimana bisa tuntas kalau cuma diberi ksempatan sesaat… Sepertinya penyebabnya adal semua berlomba2″ ingin menjadi” Sehingga balum dapat fokus pada apa yang harus dilakukan…:D
    __________________
    dari Bisik-bisik:, iya mbak Rita, setuju!!, “ingin menjadi” membuat pikiran mereka tidak fokus barangkali, iya kan?!. Kita ingin, agar para penguasa negeri, selalu menyiapkan jalan kepada penerusnya, biar berkesinambungan, begitu maksudnya kan?!

    Rita

    August 16, 2008 at 10:19 pm

  3. Dalam rangka HUTRI ke-63,saya menyumbang tulisan dalam sebuah buku untuk negara dan bangsa kita berjudul: “63 Ayat Dasar Seandainya Saya Jadi Presiden”, sudah tersedia di toko-toko buku yang isinya berupa komitmen tentang Keutuhan NKRI, Keberpihakan kepada rakyat kecil, Pembangunan mutlak IBT, Pembangunan Kelautan, Menjadikan Indonesia menjadi Negara Besar yang dibagi dalam 63 ayat dasar. Selamat Hari Ulang Tahun Negaraku yang tercinta, Indonesia, Merdeka Abadi. Love, Love n Love (TodungLToruan)
    ______________________
    dari Bisik-bisik: Iya, Indonesia Merdeka Abadi!, selamat atas terbitnya bukunya pak Todung, yang pasti buku ini akan menambah wawasan dan kesehatan pikiran bagi pembacanya, iya kan?!

    todung

    August 17, 2008 at 12:00 am

  4. iya lah..setuju aku itu bang, jangan hanya kumpull-kumpul diajakrta saja pejabat itu, sekali-kali suruhlah kemedan banyak kali jalan yang berlubang ( Tapi dijakarat payah kali bang banyak kali lubang yang berjalan..susah aku dibuatnya bang)
    ______________________
    dari Bisik-bisik: hehehe, mereka mungkin menyukainya, iya kan?!. Medan?? payah lah, PSMS saja tidak mau tinggal di sana, iya kan, apalagi pejabat, begitu kan?!

    fahrizalmochrin

    August 17, 2008 at 5:14 am

  5. Merdeka!
    Mereka
    Mereka-reka
    Merana
    Neraka…
    __________________________
    dari Bisik-bisik: iya, mereka-reka, bekerja tanpa rencana, mereka melakukannya tanpa jera, berjalan mendekat makin dekat ke neraka, iya kan?!

    coretanpinggir

    August 17, 2008 at 3:04 pm

  6. happy b’day indonesia ku.. semoga tambah makmur dan jaya selalu ..amin..
    merdeka !!!
    makasi ya pak dah main ke blog aku .. sering2 ya 🙂
    _____________________
    dari Bisik-bisik: Merdeka!, mbak geiztia!, semoga negeriku aman damai makmur dan sentosa, iya kan?!

    geiztia

    August 17, 2008 at 5:00 pm

  7. Yang saya pahami juga mirip itu, Pak. Bahwa antar generasi Presiden hampir tidak ada dialog konstruktif membangun negeri. Yang ada malah saling menjadi oposisi. Kalau sudah seperti, sulit juga bagi Presiden yang memimpin.
    ________________________
    dari Bisik-bisik: iya pak Zulfi, Semoga untuk selanjutnya mereka berdialog dengan baik, dan bersama-sama meneruskan atau membangun yang telah direncanakan. iya kan?! maka Negeri ini akan maju, begitu maksudnya kan?!

    Zulfi

    August 17, 2008 at 5:24 pm

  8. bisik-bisik,memnag sdh seharusnya para penguasa negri ini berdialong dgn rendah hati,sudah seharusnya.
    lalu,kapan yach????????

    salamku
    ____________________
    dari Bisik-bisik: kita tunggu saja, langitjiwa!, semoga..iya kan?!

    langitjiwa

    August 17, 2008 at 10:09 pm

  9. Setelah reformasi ada lagi kah? lalu selanjutnya, selanjutnya dan selanjutnya..
    ______________________
    dari Bisik-bisik: tampaknya sudah karakter, tetapi semoga tidak ada lagi…iya kan?!

    hanggadamai

    August 17, 2008 at 10:40 pm

  10. Ketergantungan dari bangsa2 lain yang sangat besar adalah bentuk lain dari ketidakmerdekaan pasca proklamasi 17 agustus 1945……. hal tersebut sedikit demi sedikit tentu harus kita hilangkan…… penguasa2 yang telah lalu sudah terbukti “gagal” dalam mengusir penjajahan model baru tersebut…. mudah2an ke depannya lebih baik.
    _______________________
    dari Bisik-bisik: semoga, tetapi saat ini penguasa negeri sedang sibuk cari utang, begitu juga BUMN-BUMN, para tengkulak dengan senang hati dan jual mahal menunggu ambil menelan airliur!, iya kan?!

    Yari NK

    August 18, 2008 at 10:36 am

  11. reformasi musti jalan seiring dengan pembangunan yg baik… baik menurut ahli… bukan baik menurut politis… biar merdeka makin merdeka… he…he…
    __________________________
    dari Bisik-bisik: iya pak Masenchipz, semoga mereka (penguasa negeri) bertanya kepada ahli, iya kan?

    Masenchipz

    August 18, 2008 at 8:05 pm

  12. Merdeka!!
    Satu kata yang berada dalam koridor grey area. Ketika di bilang “merdeka” pekikan ini hanya sebatas mulut. Karena raga tak lagi menjiwai, Karena pikiran tak lagi dapat disatukan. Lihat seberapa banyak dalam hidup ini yang belum di merdekakan.

    Merdeka!!
    Satu kata yang mebuat negara lain mau bersibaku memboyong negeri ini untuk di kuras. Lalu kitapun kebingungan dengan makna seutuhnya dari sebuah kemerdekaan. Kitapun mencari-cari nilai kemerdekaan itu di setiap helaan nafas. Dimana Merdekanya? Kapan kita menikmati kesejahteraan ini?

    Merdeka!!
    Kata ini hanya muncul setahun sekali. Tapi negeri ini tetap berperang melawan kaumnya sendiri.
    _________________________
    dari Bisik-bisik: iya Pakde!, seolah kita baru merdeka, soalnya selalu di pekikkan, tiap 17 Agustus, iya kan pak?!

    Pakde

    August 18, 2008 at 8:36 pm

  13. MERDEKA………….

    salam kenal balik pak…

    buat saya kemerdekaan blm bisa kita rasakan adil dan merata..
    khususnya buat Inul darastista,dewi persik, dan julia preres…
    mereka adalah korban dari kemerdekaan yang tidak merata,
    ( kalo seandai nya ada batasan , mana batasan nya??? saya di kasih tau…
    kalo orang lain yang berpakean seksi gpp , tapi kalo saya di cekal…
    aneh…. ) 🙂 hehehe… begitulah kata Insert! di TV hehehe…..
    ___________________________
    dari Bisik-bisik: Salam kenal juga yakhanu!, negeri ini mungkin negeri ekslusif!, iya kan?!, semoga mereka penguasa negeri dapat memperbaikinya, dan kita bantu dengan sepenuh hati, iya kan pak?!

    yakhanu

    August 19, 2008 at 7:19 am

  14. Hidup atau mati, kita harus hantarkan rakyat ke depan pintu gerbang kemerdekaan itu. Pekik para pejuang.//Biarlah rakyat di depan pintu gerbang kemerdekaan itu saja. Bisik bisik para penikmat kemerdekaan itu.
    ______________________________
    dari Bisik-bisik: iya Garth M. Meha, semoga mereka mengingat dan memperhatikan yang dibelakang, iya kan?!

    Garth M. Meha

    August 19, 2008 at 11:09 am

  15. secara de yure kita mungkin sudah merdeka, akan tetapi masih banyak yang harus diperjuangkan untuk dapat di”merdekakan”, dari belenggu kemiskinan , kebodohan, perekonomian carut marut, anak usia sekolah tak bisa sekolah, pengagguran meraja lela. sementara yang dipercaya untuk” memerdekakan” rakyat dari belenggu tersebut, tak setia pada amanat, maunya menang sendiri, maunya benar sendiri dan lebih parah maunya ” merdeka” sendiri dengan fasilitas negara. ah……mungkin saya terlalu pesimis. tapi, untung Tuhan maha tahu atas derita umatNya, saya sampai detik ini saya masih bernafas lega dengan karuniaNya.
    __________________________
    dari Bisik-bisik: iya Cahyo Sumunar, kita harus optimis, kita bantu sepenuh hati, iya kan?!

    Cahyo Sumunar

    August 19, 2008 at 1:23 pm

  16. MERDEKA

    mari kita bangun negeri ini agar lebih baik. Mulailah dr diri sendiri, perbaiki sikap diri, perbaiki lingkungan, baru merambah ke lingkup yang lebih besar. Semua hal perlu kerja sama. Seperti pembangunan tembok Cina itu, mari kita bangun Indonesia.. 🙂
    _________________________
    dari Bisik-bisik: iya mbak Retno Damayanthi, mari bersama saling membantu bekerja berkesinambungan, sesuai dengan kemampuan kita sekuat tenaga, iya kan?! akan lebih baik bagi generasi penerus, begitu kan maksudnya?!

    Retno Damayanthi

    August 19, 2008 at 4:15 pm

  17. merdeka? jangan seang dulu..masih banyak yang harus dibenahi menjadi negara yang merdeka.. paling tidak para jaksanya harus ajek!
    __________________________
    dari Bisik-bisik: Benar kucingkeren!, merdeka berarti, bekerja, berkarya, secara bersama, semua penting seperti jari-jari tangan kita, semua berperan dan mereka satu, iya kan?

    kucingkeren

    August 19, 2008 at 5:07 pm

  18. Merdeka..???

    saya kira belum tuh bang 😀
    sepanjang negara kita ini masih punya UTANG
    __________________________
    dari Bisik-bisik: iya pak Manik, katanya konon utang negeri ini makin bengkak, maka beratlah kalau dikejar-kejar si pemberi utang itu, kita terpaksa, jual inilah, jual itulah…., iya kan?!

    Manik

    August 20, 2008 at 8:13 am

  19. Masih banyak yang harus dibenahi oleh para pemimpin negeri ini. Tapi masak kita harus nunggu terus?….Bring the power back to the people!

    Merdeka!
    __________________________
    dari Bisik-bisik: iya pak Bisma, kita tidak boleh menunggu, banyak yang dapat kita sumbangkan, iya kan pak?!

    bisma

    August 20, 2008 at 10:05 am

  20. blum merdeka,
    mereka yang di MPR?DPR yang merdeka…..
    merdeka, tidak ada PEMADAMAN LISTRIK, HARGA SELALU STABIL……
    ____________________________
    dari Bisik-bisik: maka rupiah harus stabil, begitu maksudnya kan?!, pak Rizky Satrio. Harga BBM tidak boleh naik, iya kan?!

    rizkysatrio

    August 20, 2008 at 11:49 am

  21. merdeka kata mereka, merdeka kataku
    padahal, aku blm merasa merdeka
    ___________________________
    dari Bisik-bisik: iya As Ujung!, itulah namanya retorika, iya kan?!, semoga negeri kita benar merdeka (tidak terbelit utang) iya kan bang!

    as ujung

    August 20, 2008 at 2:03 pm

  22. ‘penjajahan’ ada di mana-mana
    _________________________
    dari Bisik-bisik: iya betul Mikekono!, termasuk menjajah diri sendiri, iya kan?!

    mikekono

    August 20, 2008 at 2:05 pm

  23. kita merdeka… tpi blom merdeka dari kemiskinan dan kebodohan… lalu kapan kita bakal merdeka 101% he…he.. 😀
    ____________________
    dari Bisik-bisik: Benar pak Masenchipz!, pengentasan kemiskinan dan kebodohan, dengan cara membuat pendidikan dan membuka lapangan kerja menjadi prioritas utama. iya kan pak?! Semoga pemerintah negeri memikirkan dan melaksanakannya, iya kan?!

    masenchipz

    August 20, 2008 at 7:30 pm

  24. merdekaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa (udah basi lom yak ?)
    ________________________
    dari Bisik-bisik: belom pak, merdeka tidak pernah basi iya kan? kita harus menjaganya agar tidak basi begitu kan pak?

    okta sihotang

    August 21, 2008 at 12:51 pm

  25. kita sudah merdeka 60%
    sisanya 40% belum
    tapi gak apalah mari kita rebut sisanya.
    penjajahan ekonomi dan kekayan alam kita oleh pihak asing
    penjajahan oleh orang orang berkuasa terhadap rakyat bangsa nya sendiri
    __________________________
    dari Bisik-bisik: 40% lagi pendidikan, infrastruktur pertanian, dan lingkungan, iya kan? semoga bisa kita rebut, begitu maksudnya kan?!

    satya sembiring

    August 21, 2008 at 2:02 pm

  26. merdeka… masing2 punya program tersendiri untuk memajukan bangsa, tapi tidak sedikit juga yang menyelewengkan.
    _________________________
    dari Bisik-bisik: semoga sadar yang tidak sedikit itu, iya kan?!

    aRuL

    August 21, 2008 at 2:08 pm

  27. salam dari bandung
    Tuhan memberkati
    saya setuju dengan artikel anda.
    kalau di suruh memilih merdeka atau mati, mendingan gue pilih ” atau ” biarl ebih aman
    http://esaifoto.wordpress.com
    _____________________________
    dari Bisik-bisik: Bah, itu jaman revolusi pak, sekarang jaman pembangunan, iya kan pak?!, semoga negeri tercinta makin aman untuk hidup dan berkarya, begitu kan pak?!

    esaifoto

    August 21, 2008 at 3:17 pm

  28. siaaappp merdekaaaaaa

    salam kenal
    _________________________
    dari Bisik-bisik: salam kenal juga, kita mengisi kemerdekaan sesuai dengan kemampuan yang baik dan berguna, iya kan?!

    mastal

    August 21, 2008 at 3:18 pm

  29. tinggal tunggu kapan bangsa ini merdeka dari korupsi Pak… 🙂
    ____________________
    dari Bisik-bisik: Mimpi, ya kan…tidak akan pernah merdeka dari korupsi…, tapi yang kena hukum karena korupsi mungkin akan berkurang, begitu kan?!, itupun muuungkiiin, iya kan?!

    easy

    August 21, 2008 at 7:40 pm

  30. Salam
    Jika sebutan negeri terjajah sudah lepas dari negeri kita kini ada sebutan baru negeri terkorup dan miskin *duh* itukah hasil kemerdekaan??
    ____________________________
    dari Bisik-bisik: peguasa negeri sering bermain-main dengan kekuasaannya, barangkali, iya kan?, terutama dalam memilih karyawannya, mereka cenderung tidak perduli negeri ini, yang penting keluarganya ikut berkuasa, mungkin, iya kan?!

    nenyok

    August 21, 2008 at 11:32 pm

  31. Merdeka!!!

    kapan merdeka dari kebodohan dan kemiskinan ?
    _______________________
    dari Bisik-bisik: iya, kita menunggu dengan penuh harap iya kan?!

    rezco

    August 22, 2008 at 7:50 am

  32. apakah kita sudah merdeka ?
    ____________________
    dari Bisik-bisik: iya jelas, kita sudah merdeka, cuma masih kosong, lalu kita akan mengisinya, iya kan?!

    Robert Manurung

    August 22, 2008 at 8:17 pm

  33. sekali lagi kuteriakkan, aku belum merasa merdeka
    merdeka ataoe mereka !!!
    ___________________
    dari Bisik-bisik: mereka kita ganti, iya kan?!

    mikekono

    August 22, 2008 at 8:45 pm

  34. Memang serba salah, kalau baru mulai sudah turun ngak sempat berbuat apa apa. Kalau kelamaan jadi otoriter. Jadi yang penting sistemnya dulu dibenahi kali ya setelah itu ngak ngaruh siapapun yang memimpin pasti sukses. Thanks
    _____________________
    dari Bisik-bisik: Really, we have to respect and commit to our building nation planned who ever govern, hehehe semoga bahasa inggris batakku betul, mbak!, begitu maksudnya, iya kan?!

    yulism

    August 22, 2008 at 8:57 pm

  35. semoga saja para elite di negeri ini memiliki wisdom dan kearifan utk membangun negeri ini, pak. tdk seperi sekarang, mau akur aja sulitnya bukan main. masak antar-mantan presiden ndak pernah mau silaturahmi. repot. padahal, mesetinya mereka bisa sharing bagimana me-manage negara dg baik. salam merdeka, pak!
    _____________________
    dari Bisik-bisik: Iya, salam merdeka, dan semoga mereka berdamai dengan rendah hati!, iya kan?!

    Sawali Tuhusetya

    August 22, 2008 at 9:27 pm

  36. Kita harus tetap optimis amang. Pasti bisa, jika terus berusaha dengan giat. Orang Jepang bilang ganbatte ne! 😀
    _____________________
    dari Bisik-bisik: iya bang Saut, sedikit-sedikit lama-lam jadi bukit, iya kan?!

    Saut

    August 23, 2008 at 11:33 am

  37. Ngak bisik-bisik………………KAPAN SIH MERDEKA INI SELESAI ?
    ____________________
    dari Bisik-bisik: Merdeka tidak pernah selesai, merdeka selalu harus diisi dan tak pernah penuh, iya kan?

    elumban

    August 23, 2008 at 5:58 pm

  38. Merdeka dari penjajah? Perjuangan para pahlawan kita luar biasa. Kita wajib menghargai dan mengeapresiasinya…
    Namun, merdeka dari nafsu jauh lebih berat memperjuangkannya saat ini. Nafsu untuk jadi penguasa, pejabat, dan nafsu syahwat sepertinya masih menjajah diri kita….
    _____________________
    dari Bisik-bisik: Iya pak Syukriy, semoga penguasa negeri ini dapat mengendalikannya dan melakukan yang lebih penting bagi rakyat, sesuai dengan cita-cita yang telah digariskan, iya kan?!

    syukriy

    August 23, 2008 at 11:57 pm

  39. Mantap amangboru 🙂 Salam kenal sesama member milis bloggersumut.
    ___________________
    dari Bisik-bisik: Salam kenal juga Adieska, sering mampir, meski badan jauh tetapi hati dekat, iya kan?!

    Adieska

    August 24, 2008 at 2:31 am

  40. Pasti ada tujuannya! pasti ada tujuannya kenapa negara kita ini kayak gini Pak, yakin sekali itu… sekarang cuman baru bisa sadar, berusaha dan berdoa…
    _________________
    dari Bisik-bisik: Setuju, Anton Ashardi mungkin ada tujuannya, kadang terjerembab dulu, kesakitan, iya kan?!. tetapi jangan lupa berdiri dan mengobati kesakitannya, hehehe, begitu kan?!

    anton ashardi

    August 24, 2008 at 7:49 am

  41. walah, telat komennya..

    merdeka! *connection error*

    lam kenal ya,
    makasih uda mampir..
    ______________________
    dari Bisik-bisik: Salam Kenal juga Nana!, sering-seringlah mampir, dan saling mengunjungi, iya kan?!

    nana

    August 24, 2008 at 6:40 pm

  42. iya kita membagi keprihatian yg sama. Tapi setidaknya suharto sudah tumbang, perlahan2 anak anaknya disingkarkan, dan juga kroni2nya sudah mulai belajar kalau masa sudah berganti. angin perubahan sudah tiba…walau anginnya masih bau pesing

    🙂
    __________________________
    dari Bisik-bisik: hmmm, semoga tidak ada dendam…, tetapi kebenaran harus ditegakkan, iya kan?!

    uwiuw

    August 24, 2008 at 10:42 pm

  43. sy jadi inget sebuah famlet setipa kali mendengar kata “Merdeka atau mati” . Sy inget famlet jaman perjuangan dahulu. pamflet itu isinya bagus sekali. isinya seperti ini : “kita bisa berjuangn lama” entah kenapa, pernyataan itu membanggakan sekali. Terlebih berjuang lama cuma dgn bambu dan senapan. 🙂
    _______________________
    dari Bisik-bisik: iya, juga nyanyian sorak-sorak bergembira,…., sudah bebas negeri kita…, sekarang dijajah oleh harga yg tidak menentu…iya kan?!

    uwiuw

    August 26, 2008 at 1:36 am

  44. Wah berarti bener belum merdeka ya .. di blog ini juga sudah ada 80-an teriakan merdeka .. 🙂
    Salam kenal pak .. terima kasih kunjungannya ..
    ________________________
    dari Bisik-bisik: Bah!, terimakasih pak Draguscn!, salam kenal juga. Hehehe….saya tidak pernah menghitungnya pak, tetapi harapan kita, biarlah teriakan merdeka itu, tidak sekadar teriakan seolah kita baru merdeka, iya kan pak?!

    draguscn

    August 30, 2008 at 4:25 pm

  45. Tujuan “Merdeka” itu sendiri semakin tidak jelas karena sudah disusupi oleh aneka ragam kepentingan, ada kepentingan politik, agama, bisnis pejabat, otonomi daerah; bukan kepentingan bersama lagi untuk berani berkata “adil dan makmur”. Tulisan Pak Singal menyentuh banget, thanks.
    ________________________
    dari Bisik-bisik: iya pak Todung, semoga kepentingan rakyat tidak dilupakan!, iya kan pak?!

    todung

    September 5, 2008 at 12:18 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: