Singal’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Bom, Keadilan dan Kebenaran atau Keselamatan

with 49 comments

“Eiiiii….. hahaha….”, suara dan tawa temanku yang satu ini, selalu memecah suasana kesunyian pagi di kantor kami. Dia memanggil salah seorang teman kongkownya. Celotehannya selalu membuat urat-urat halus pipi mengembang, sehingga darah mengalir dengan lancar, menghangatkan para wajah yang berubah menjadi ganteng dan menjadi cantik karena memperlihatkan senyum, meski ada-ada saja yang tetap cemberut.

“Lihat…” katanya, dia ngobrol keras-keras dengan teman itu. “loe sudah baca koran ga!”. Lalu dia nyorocos terus “Ada bom meledak, di hotel JW Mariot dan Ritz-Carlton. MU…Manchester United ga jadi datang!, Presiden mengaitkannya dengan pilpres!, gila…gila..gwe rugi niih”.

Dia beranalisis sendiri, dan menyatakan rugi, karena mungkin sudah membeli tiket buat nonton MU. Sementara temannya hanya menimpali sepatah sepatah kata. “Sungguh biadab!!, korbannya orang tak berdosa, tidak masuk akal. Kita rugi, negeri ini rugi.. rugi buesaaar….”, kita menjadi tegang mendengarnya, dan wajah-wajah ganteng dan cantik surut kembali ke aslinya, mereka memulai kesibukan masing-masing.

Teman ini masih saja meneruskannya “seharusnya presiden ga usah ikut manas-manasi suasana. masa dia menunjuk dirinya sendiri, sementara korban lagi kesakitan benaran. Malah pakai tunjuk foto segala, tunjukin orangnya dong, foto mah bisa dibuat dimana saja. Kita serasa orang bodoh, kita sih tidak pro siapa-siapa. Siapapun presiden pokoknya gwe ada kerjaan, itu saja”, kita diam saja, meski dalam hati betul juga dia.

Banyak komentar, banyak kesenangan atas kesakitan, dimana keadilan dan kebenaran? apakah negeri ini akan melupakannya? apakah saling tuduh, dan saling paling benar berlanjut?. Apalagi kalau para politikus dan orang pintarnya, saling silih berbicara di media masa terutama di acara tv. Dalam hatiku semoga mereka bukanlah orang yang mempunyai sifat dan karakter yang hebat “the fantastic liar” yang bisa mempengaruhi orang, tidak perduli keadilan dan kebenaran, yang penting dia berhasil, mencari keuntungan dan keselamatannya sendiri.

Kegalauan hati teman tadi dinyatakan dengan volume suara yang keras, bisa jadi gambaran kejengkelan dan kebosanan atas perang kata-kata politikus, yang cenderung tidak berguna pada kehidupan kita secara langsung, “mereka omong doang” katanya.

Seorang pendekar, bahkan orang tua kita, selalu menyembunyikan rasa sakitnya, melilit lukanya dengan rapat agar tidak diketahui murid dan anaknya apalagi musuhnya. Tak percaya? “Memang itu yang terjadi, ibu-ibu yang bijak selalu menyembunyikan rasa pedih dan sakitnya, agar anaknya tetap tenang dan damai dan merasa nyaman, belajar dan bersekolah…”, dalam hatinya “cukup saya yang menderita dan tidak perlu mereka tau..mereka harus bahagia…”

Mengenai bom?, pelakunya?. Kita percayakan kepada pihak berwajib, mereka akhlinya, maka mereka ditugaskan untuk itu, kita mendukungnya, kita memberi semangat dan doa. Semoga negeri kita aman.
____________________________________
dari Bisik-bisik: Semoga kita selamat!

Advertisements

Written by Singal

July 18, 2009 at 12:46 pm

49 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Saya membaca ketikan keypad bpk singal dg pelan dan teliti tersimpan rasa iri dalam hati saya bpk dan rasa salut kata kata itu cukup sederhana tapi mampu mencakup ungkapan dari rakyat sampai atas dan satu titik kritik yg menusuk dan bagus intinya yg harus berpikir bijak seperti seorang ibu menyimpan kepedihan dari anaknya.iri saya! Kapan saya mampu menulis sebagus semua tulisan2 bpk singal
    ____________________________________
    dari Bisik-bisik: iya Oklek33!, pasti kamu bisa lebih baik lagi, semangat, pantang menyerah. Saya ini apalah..sudah tua..hehehe.

    oklek33

    July 18, 2009 at 5:28 pm

  2. Kebanyakan rakyat negara kita sepetinya memilih presidennya karena simpati dan kasihan. Memunculkan citra terzhalimi, terancam dan teraniaya adalah salah satu cara untuk menarik simpati dan rasa kasihan dari rakyat. Ironis memang… presiden dipilih karena dikasihani. Makanya saya juga tidak terlalu heran jika bangsa yang beliau pimpin ini hidup dari rasa kasihan negara donor dan badang keuangan dunia seperti ADB, IMF, Bank Dunia, ect..
    ______________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bung Muhammad Jabir!, kasihan negeri kita, padahal IMF, IBRD dan ADB, adalah para tengkulak yang berwajah pura-pura baik, dan menyengsarakan negeri ini. Anehnya para menteri negeri ini, sangat bangga dapat utang dari mereka. Dulu para orangtua (yang tidak ada sekolahnya) meski sangat miskin, malu ber-utang. Sekarang? para menteri yang konon pintar-pintar senang dan berkoar-koar karena berhasil berunding menambah utang.

    Muhammad Jabir

    July 18, 2009 at 10:28 pm

  3. Horas, Lae! Teruslah menulis dengan hati, mendengungkan suaranya secara sederhana namun kaya makna. Salam hormat, Pak!
    ________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bang Ruhcitra!, horas..horas, terimakasih, sering mampir lae. Salam hormat juga bang!

    Ruhcitra

    July 18, 2009 at 11:57 pm

  4. yang selalu menjadi pertanyaan pribadi saya untuk negeri ini terletak pada titik balik.karena miskin maka banyak menghutang, atau karena hutang maka miskin. karena bekerja maka bisa makan atau karena makan maka bisa bekerja. negeri ini di katakan memeliki kekayaan yang melimpah ruah tapi apa yang terlihat di pandangan kita, terdapat begitu banyak pengangguran di atas tanah yang nganggur, meski banyak investor yang mampu memberikan banyak lapangan pekerjaan pada negeri ini toh mereka juga di buat kabur dengan berbagai macam alasan seperti halnya kurang energi untuk menggerakkan usaha atau yang lebih fatal lagi,… lagi lagi citra negeri ini tercoreng lagi di kancah dunia internasional dengan adanya serangan bom melulu. entah apa alasan mereka saya pribadi mengutuk mereka dan semoga mereka mendapatkan balasan yang setimpal di kelak harinya.saya sangat setuju dengan gagasan teman bapak, siapapun presidennya yang penting kita kita d sini bisa bekerja, dan rasa sakit dan perih yang d sembunyikan orang tua kepada anaknya itupun kelak sang anak juga akan tau betapa pedih dan sakitnya yang mereka alami. terima kasih.
    ______________________________________
    dari Bisik-bisik:iya bung Khoirul Huda!, Negeri kita indah dan makmur, mari kita memberi kontribusi yang sangat bermanfaat bagi anak cucu negeri. Semoga pemerintah tidak ngutang lagi, untuk apa? sungguh kita tidak mengerti. Makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan, iya kan? oleh karena itu kekayaan negeri ini bisa memberi kita makan. Kekayaan negeri ini bisa memberi kita pekerjaan, tidak perlu ngutang.

    Khoirul Huda

    July 19, 2009 at 7:07 am

  5. yang terbaik adalah mencari pelakunya tapi itu tugas polisi. tugas kita ya mendukung saja dan berdoa. tapi kalo mau nyelidik sendiri juga boleh seeh
    _________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya Kawanlama95!, paling tidak kalau kita lihat dan tau ada yang mencurigakan disekitar kita, lapor ke polisi. katanya polisi sudah (akan) memberi cara melihat yang mencurigakan, semoga kita semua dapat menjadi polisi.

    kawanlama95

    July 19, 2009 at 9:21 am

  6. Peledakan bom ini, momennya sngt tepat. Disaat suasana penghitungan KPU yg blm rampung, tiba2 perhatian masyarakat tertuju pada peristiwa itu. ada apa sebenarnya?
    _______________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bung Atho Budiono!, kebetulan saja kalee. atau kalau ada yang bermain, yang paling bisa bermain siapa ya pak?! dan yang paling bisa maling teriak maling, iya maling, iya kan pak?!

    Atho Budiono

    July 19, 2009 at 4:44 pm

  7. Sang pelaku pemboman tentunya org2 yg tdk brtanggung jwb.. Dan pasti segala tndak kejahatan pasti mendpt hkman,semoga sj pihak brwajib sgera menangkp sang pelaku smpai ke otak2 nya..
    Salam sahabat 😀
    ___________________________________
    dari Bisik-bisik: iya Widdy!, semoga mereka bertobat dan tidak melakukannya lagi. Mari kita bantu dan dukung pihak berwajib dari sisi kita sendiri dengan menebarkan damai dalam pergaulan dan kepada masyarakat, iya kan?!.
    Salam Widdy!, sering mampir.

    Widdy

    July 19, 2009 at 6:25 pm

  8. Ah negeri tercinta,
    tercabik oleh korupsi, oleh bencana alam, oleh bomb bunuh diri. Akan teruskah tercabik?
    ____________________________________
    dari Bisik-bisik: iya Hh!, semoga pemerintah dan jajarannya, memberikan hati dan pikirannya dalam melaksanakan tugasnya untuk kepentingan masyarakat, sehingga bencana yang dapat diantisipasi tidak perlu terulang. Mari kita bantu mereka.

    hh

    July 19, 2009 at 10:07 pm

  9. Mungkin kita semua harus lebih memahami etika keilahian. Inti etika keilahian adalah kebenaran. Dari kebenaran datang keadilan. Dalam keadilan, keselamatan lebih terlindungi. Mungkin suatu peledakan bom takkan terjadi.Saya merangkainya dari kata-kata pada judul tulisan anda.
    ___________________________________
    dari Bisik-bisik: iya Sociopolitica!, etika keilahian, ketika kebenaran menang berdasar keadilan, ketika kebenaran tidak dapat ditutupi oleh kekuasaan dan kebencian, keselamatan menjadi kepastian.

    sociopolitica

    July 20, 2009 at 10:57 am

  10. Saya justru menilai justru SBY itu seorang Pemimpin yang hebat dalam suasana galaupun beliau masih bisa tegar, berpikir jernih dan tidak emosional, tapi SBYpun manusia biasa yang mempunyai rasa dan perasaan yang halus sehingga sempat terlontar pada forum umum yang seharusnya itu untuk porsi elite politik. Mari kita tetap semangat untuk konsekwen dan konsisten melaksanakan sistem dan demokrasi yang profesional, nilai-nilai budaya yang tinggi bukan hanya dijadikan kebanggaan tetapi juga diamalkan, Kita semua tau bahwa potensi alam kita cukup kaya, tetapi tidak tau bagaimana mensyukuri dengan upaya yang intensif untuk pemberdayaan dan pengembangannya. Terima kasih tulisannya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar
    ________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya mbak Agnes Sekar!, salam hormat kembali. setuju SBY pemimpin yang hebat, kalau tidak beliau tidak bisa jadi presiden atau tidak akan kepilih lagi. orang kampungku bilang “banyak yang kita dengar, banyak yang kita tahu, banyak yang kita rasakan” tidak semua harus diberitahu. Memang kampung bapak SBY berbeda dengan kampungku..hehehe…

    Agnes Sekar

    July 20, 2009 at 1:03 pm

  11. tau kabar tabulasi sampai mana bang?
    __________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bang Romailprincipe!, saya tidak tau bang, dan kita kan tidak tertarik, karena siapapun presidennya, kita hanya tau bekerja keras. Permintaan dan harapan kita juga, kita akan dukung, siapapun presidennya semoga dapat menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga negeri ini nyaman untuk berkarya.

    romailprincipe

    July 20, 2009 at 2:22 pm

    • cam mana abang singal ini.. 🙂 yang kupikir abang senang mengabarkan “hal-hal aneh” seputar abang..haha
      becanda bang..mauliate
      ____________________________________________
      dari Bisik-bisik: iya bang Romailprincipe!, bukankah sudah kubilang, “banyak yang kita tau, banyak yang kita dengar, banyak yang kita rasakan, tidak semua harus diberitahu”, iya kan. bukankah orang di kampung sono, menyatakan “jatuh jarum kedalam semak-semak, tidak dilihat mata tetapi dilihat hati?” hehehe..

      romailprincipe

      July 20, 2009 at 3:07 pm

  12. Ya, mereka kasihan, orang-orang serakah, nggak puas sama yang ada sekarang… Makanya mereka cuma mau ngasih lihat ke kita kalau apa yang mereka pengin nggak kesampaian. Tapi mereka bodoh juga, apakah dengan cara mem-bom masyarakat menjadi tahu apa yang mereka inginkan?
    __________________________________
    dari Bisik-bisik: iya Bernardia Vitri!, mereka tidak menggunakan akal sehat.

    Bernardia Vitri

    July 20, 2009 at 3:17 pm

  13. Setelah bom meledak, kemungkinan ada Bom yang lebih dasyat, yakni Pertempuran para elit politik. Bagi saya pernyataan Presiden justru membuat rakyat kecewa.Jika memang intel negara sudah lebih dulu mencium aksi pembunuhan presiden, itu adalah dokumen rahasia negara yang tidak perlu di publikasikan.

    Soal Bom, kekhawatiran saya adalah jangan2 teroris masih ada konspirasi dengan kekuasaan, karna begitu selesai Jakarta meledak, satu persatu para elit politik melakukan konferensi pers yang berbau politis dan apriori.

    Tetapi rakyat akan semakin cerdas. dari obrolan dan diskusi kritis di warung kopi sampai ke perkantoran, pendidikan politik bagi rakyat terus bertumbuh, ketika mulai bosan menyaksikan pola tingkah para pemimpin yang melakukan pembodohan rakyatnya.

    Salam Sejahtera Bang,
    _______________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bung Pambudi Nugroho!, Salam Sejahtera!, iya…kita sangat capek mendengar mereka saling berbalas balasan kata dan argumen. Semoga mereka menghentikannya.

    Pambudi Nugroho

    July 20, 2009 at 4:10 pm

  14. semoga para pelakunya segera bisa diadili sesuai hukum yang berlaku, dan semoga juga ini adalah yang terakhir kali di indonesia, bayangkan, indonesia ini udah terpuruk, makin terpuruk dengan insiden ini.. hikks..
    ___________________________________
    dari Bisik-bisik: iya Artvisualizer!, semoga negeri ini aman, sehingga turis banyak yang datang dan senang tinggal berlama-lama, maka ekonomi kita maju, dan pengangguran berkurang.

    artvisualizer

    July 20, 2009 at 4:20 pm

  15. Mudah mudahan pemimpin kita kedepan mempunyai jiwa pendekar, sehingga negara kita aman, damai, makmur, sejahtera.
    ____________________________________
    dari Bisik-bisik: iya pak Indra Tjahja!, dan sakti mandraguna, iya kan pak!

    indra tjahja

    July 21, 2009 at 11:02 am

  16. Semoga Indonesia Damai…
    ____________________________________
    dari Bisik-bisik: iya pak Indra1082!, aman dan sejahtera, nyaman ke manapun kita pergi dan bekerja.

    indra1082

    July 21, 2009 at 11:18 am

  17. kayanya teroris pengen Indonesia ngga boleh seneng dikit dalam 5 tahun ini eh… malah di bom lagi… saya heran siapa sih yang mendanainya & jaringannya? bener..bener.. biadab bang.
    ______________________________________
    dari Bisik-bisik: iya Hendarsuh!, penuh dengan pertanyaan, tetapi tak satupun yang terjawab. Semoga pihak berwajib segera menangkap dalangnya, sehingga kejawab tuh pertanyaanye.

    hendarsuh

    July 21, 2009 at 4:24 pm

  18. Pak SIngal, hebat bah…. huehehehe…. saya dah beberapa kali berkunjung ke blog ini, dan saya selalu mendapatkan tulisan yang ringan tapi penuh makna… sangat inspiratif, ulasan pak singal sangat muantap… tetap semangat and salam sukses selalu
    sedj
    (mantan orang sumatera utara)
    http://sedjatee.wordpress.com
    ____________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bang Sedjatee!, sering berkunjung bang! mantan berarti menjadi, iya kan, seperti mantan pacar menjadi isteri tercinta…hehehe.

    sedjatee

    July 22, 2009 at 7:11 am

  19. Semoga setiap kutukan yang keluar dari mulut2 orang belakangan ini berubah menjadi doa untuk para teroris agar lebih manusiawi mencintai manusia..
    Doa lebih mujarab kan, pak?..

    Thanks ya, sudah mampir ke tempatku.
    ___________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bung P u a k™!, jangan balas kejahatan dengan kejahatan, berkatilah musuhmu, iya kan?!

    p u a k™

    July 22, 2009 at 10:22 am

  20. Style menulis pak singal cenderung pada penulisan cerpen atau novel. Salam kenal, pak…. Saya di Kendari staynya.:)
    ____________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya mbak Ade Suerani!, Saya coba menulis, dan ternyata sangat sulit mbak. Salam kenal juga mbak, sering mampir.

    Ade Suerani

    July 22, 2009 at 4:28 pm

  21. sesaat setelah melihat pidato penuh pak presiden,
    saya merasa bersyukur sekali gak nyontreng no.2 pas pemilu kmrn.
    _______________________________
    dari Bisik-bisik: iya Eka Situmorang-Sir!, bebas rahasia hehehe, tetapi tetap menang, iya kan?!

    Eka Situmorang-Sir

    July 22, 2009 at 5:53 pm

  22. lama tak bertandang disini.
    bom apapun tujuan dan bentuknya tetap menyengsarakan, mungkin kalau Bursa Orang Muda (bom), lain lagi.
    _______________________________________
    Dari Bisik-bisik:iya bung Antokoe™!, bisa juga Bussiness Opportunity Meeting (BOM) yang tidak menyengsarakan. hehehe…

    antokoe™

    July 22, 2009 at 10:26 pm

  23. Cepat atau lambat pelakunya akan ketangkap juga pak. Semoga saja sampai saat itu tiba pelakunya belum sempat bermain-main bom lagi. 🙂

    Salam kenal pak singal.
    __________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bung Kolojengking!, semoga mereka sadar demi kemanusiaan, demi tukang ojek, demi tukang taksi demi tukang jualan makanan, demi kita semua, demi kedamaian demi kenyamanan berusaha orang terkait secara umum. Salam kenal juga bung Kolojengking

    kolojengking

    July 23, 2009 at 3:42 pm

  24. Tanggapan presiden dengan menunjukkan photo2 dirinya dijadikan sasaran tembakan memang kurang bisa diterima, terlepas dari photo2 itu nyata atau tidak.

    Seperti yang Bapak bilang, Ibu-ibu saja menyembunyikan kegelisahannya agar anak-anaknya tetap damai, seharusnya pemimpin kita juga demikian, bukan malah memperkeruh suasana. Semoga pelakunya segera ditemukan, dan negara ini semakin aman dan nyaman.

    Salam.
    _________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bang Alisyah!, tampaknya banyak pelajaran yang dapat dipetik, dan semoga keperluan nyata rakyat dan bangsa dapat dipahami oleh penguasa. Salam bang, sukses selalu.

    alisyah

    July 23, 2009 at 6:26 pm

  25. Bom yang diledakkan merupakan tanda keadilan dan kebenaran dari orang-orang yang justru tidak adil dan benar….. Edan.
    ___________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bung Raymond Frans!, karakter yang sulit dimengerti..iya kan?!

    Raymond Frans

    July 23, 2009 at 10:45 pm

  26. bom…..dan menghilangkan
    nyawa orang lain, apapun
    alasannya tak bis ditolerir
    btw, kecenderungan menghalalkan
    segala cara, termasuk demi
    meraih kekuasaan ekonomi dan politik
    juga tidak dapat dibenarkan
    ____________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bang Mikekono!, benar bang, apalagi mengunakan kekuasaan membujuk orang, membungkusnya dengan menjelekkan orang lain, supaya menerima pendapatnya. Mereka melukai hatinya sendiri.

    mikekono

    July 24, 2009 at 12:55 pm

  27. Waw… Tulisan tentang masalah bom, ternyata enak juga dibaca bila menggunakan perspektif lain.
    Dari kemaren saya males baca tentang bom, karena hanya akan membuat kecewa, tp yg ini enak…
    Anw, terkutuklah semua yg terlibat pengeboman…
    ________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bung Hatmaji!, semoga mereka bertobat dan tidak melakukannya lagi.

    hatmaji

    July 25, 2009 at 9:00 am

  28. Sungguh biadab teroris itu..
    Semoga misteri dibalik semua ini bisa terkuak..
    Dan episode apakah yang akan terjadi setelah ini??
    Tragedikah,, Melankoliskah?? Praharakah?? Romantiskah?? ataukah Laga yang mengundang Dendam dan kebencian yang akan tersaji dalam Layar kaca republik kita ini..

    Salam Perubahan..
    Salam Anak Bangsa..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/07/25/jenis-jenis-tidur-survei-dan-analisa/
    ____________________________________
    dari Bisik-bisik: iya Celotehanakbangsa!, Saatnya penguasa negeri mencintai rakyatnya dengan nyata. Maka pasti dapat meminimalkan kerusuhan apalagi dendam. iya kan?.

    celotehanakbangsa

    July 25, 2009 at 10:11 pm

  29. aio dukung Pulau Komodo sebagai new7wonders
    klik disini
    ___________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bung Tforce2009!, saya dukung, semoga berhasil.

    tforce2009

    July 27, 2009 at 12:45 pm

  30. Coba kita telusuri dari sisi korban
    Sampai saat ini lebih banyak berita dari sisi bagaimana Bom iti bisa meledak
    Siapa pelakunya…?
    Tapi belum banyak cerita-cerita kehidupan korban bom..masa rehabilitasi… masa kehidupan selanjutnya.
    Let make peace for our live for ever…!!!!!
    “We are the World, We are the Children” …..!!!!
    C.U
    _____________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bung Agoesman120!, sering kita lupa membahas, melihat dan bahkan membantu mereka, penderitaan mereka bisa berkepanjangan bahkan terjadi multiplying effect , yaitu keluarga, family dan pekerjaan. semoga pemerintah dan pihak terkait (perusahaan atau tempat bekerja) memperhatikan nasib mereka.

    agoesman120

    July 27, 2009 at 1:35 pm

  31. Pg.. Mampir lagi untk menjengukmu sobat skalian izin tukar link,boleh? Di http://widiastuti.Blogdetik.Com add me y 😛
    _________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya Widdy!, kita saling mengunjungi.

    Widdy

    July 28, 2009 at 6:31 am

  32. Pidato SBY terkait Bom membingungkan karena ternyata SBY sendiri sudah mengetahui (sesuai dengan laporan inteligen) akan ada serangan bahkan dirinya sendiri termasuk sasarannya, tetapi kenapa sampai bisa terjadi? Wah… pernyataan Presiden SBY ini bukannya menenangkan masyarakat tetapi MENAKUTKAN… dan lagi menambah masalah karena seakan-akan dia menuduh bahwa otak pengebobam ini kompetitornya di Pilpres.
    ________________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bang eDBERD S.!, beliau lagi pusing ketika itu kaleee, dan disitulah perlunya pembisik yang seharusnya dapat membuat beliau tenang dan berfikir lebih arif. iya kan?

    eDBERD S.

    July 29, 2009 at 4:49 pm

  33. Semoga negeri kita kelak akan menjadi negeri yg aman dan tenteram. Mari kita memperbaiki semuanya dimulai dari diri kita sendiri. Ketika kita sudah baik dan bisa diteladani, ajarkan orang lain. Jangan hanya mengkritik karena sungguh mengkritik adalah pekerjaan yang mudah. Makanya komentator menjamur.
    Artikel yang bagus pak Singal, full of inspiration..!
    ___________________________________
    Dari Bisik-bisik: iya mbak Retno Damayanthi!, mari..menyalurkan dan memberi contoh kerja nyata, membantu dengan penuh semangat tanpa pamrih.

    Retno Damayanthi

    July 30, 2009 at 8:38 pm

  34. Saya sengaja tidak berkomentar soal itu, Pak Singal. Ternyata Bapak sudah menuliskannya.
    _____________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bung Kombor!, mari kita sikapi dan renungi, semoga orang-orang yang hilang mukanya, pergi mencarinya ke tempat lain, sehingga bapak presiden tidak perlu ikut repot.

    Kombor

    July 31, 2009 at 1:59 pm

  35. dikampung saya dah langsung di gadam itu amang…
    _____________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bang Latteung!, saat ini kan jamannya parbada munsung (komentar dan debat yang tidak bermutu), iya kan?!

    latteung

    July 31, 2009 at 4:30 pm

  36. hadiirr…
    bos, yang pentingkan ngomong dulu, ada tersangka dulu masalah terbukti or enggak, kenapa atao enggak, di urus nanti aja, toh bentar lagi rakyat indonesia dah lupa ama bom itu 🙂
    cu…
    ______________________________________
    dari bisik-bisik: iya bung Faza!, dan akan timbul masalah baru untuk dikomentari ramai ramai. hehehe. kemana Antasari, Lapindo dan lain-lain?! hehehe…

    faza

    July 31, 2009 at 5:48 pm

  37. Salam bahagia, ya… kita mendukung langkah yang dilakukan pihak yang berwajib. Agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi
    ______________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bung Pakwo!, mari kita bantu sebisa kita.

    pakwo

    August 3, 2009 at 5:55 pm

  38. Horas Bang. Semoga dalam keadaan sehat selalu.
    Salam Sejahtera buat abang sekeluarga,
    _______________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bung Pambudi Nugroho!, Horas bagi kita semua.

    Pambudi Nugroho

    August 3, 2009 at 6:11 pm

  39. SBY itu mau nyontek JK, “lebih cepat, lebih baik”.
    makanya buru-buru bikin pidato ttg teroris yang mau mengancam beliau…
    Ee…. taunya terlalu cepat….. keplesetlah.
    _________________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bang Togarsilaban!, maka rahasiapun dibuka, iya kan? padahal belum tentu kebenarannya. biasanya rahasia yang dibuka disebut gossip, hehehe…

    togarsilaban

    August 4, 2009 at 1:37 pm

  40. saya suka gaya bahasa blog ini 😀 hidup ng-blog hehehehe
    salam kenal 🙂
    ______________________________________
    dari Bisik-bisik: iya Arju!, salam kenal juga. sering mampir

    arju

    August 8, 2009 at 4:11 pm

  41. Saat bom meledak…saya dalam perjalanan ke Amerika.
    Saat transit di Hongkong…saya menyaksikan berita itu di TV.
    Oh…bangsaku….mengapa lagi lagi kita membuat malu Indonesia dimata dunia.
    Mudah mudahan kedepan akan lebih aman..
    Btw…tulisan bapak sangat bagus…kapan saya bisa nulis lumayan ya…?he..he.he..
    ____________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bunda Dyah Suminar!, bunda sudah tiba di negeri tercinta kembali?!. Semoga negeri ini aman bunda. Semoga negeri kita selalu menjadi sumber hal-hal yang baik.

    dyah suminar

    August 8, 2009 at 10:55 pm

  42. kita harus berprasangka baik kepada pemerintah,dalam hal ini polisi.semoga para teroris bisa tertangkap
    ____________________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya Duadua!, berprasangka baik juga membuat kita sehat, mari kita dukung pemerintah.

    duadua

    August 11, 2009 at 4:39 pm

  43. he………he….. 🙂 🙂
    memang betul pak tersenyum adalah olah raga wajah
    salam kenal dari madura
    tulisan bapak bahasanya santai dan mengena
    top buat pak singal
    ____________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bung Citromduro!, terimakasih..sering mampir pak.

    citromduro

    August 12, 2009 at 9:59 pm

  44. Memang susah pemerintah kita ya? bukannya sibuk untuk mengusut pelaku sebenarnya, malah saling tuduh.
    ____________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya LoRD TaL0s!, mungkin mereka tidak sadar …akhirnya gembong terorisnya nonton sambil tersenyum kalee…

    bung

    August 13, 2009 at 10:09 pm

  45. Yah, semoga kita semua bangsa Indonesia selamat
    ______________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya bung Suara_Soedirman!, semoga…. keinginan seluruh rakyat Indonesia. aman damai dan nyaman.

    suara_soedirman

    August 14, 2009 at 4:30 am

  46. Yang jelas bom adalah musibah…bagi mereka yang jadi korban biadab teoris…Tragisnya
    ______________________________________________
    dari bisik-bisik: iya bung Sekoteng!, benar tragis, dan kita harus berbuat sesuatu agar tidak terjadi lagi.

    sekoteng

    August 15, 2009 at 12:04 pm

  47. Yah, bom lagi dan bom lagi….
    ___________________________________
    dari Bisik-bisik: iya Hopskole!, semoga tidak ada lagi…

    hopskole

    August 16, 2009 at 8:52 am

  48. mudah2an Allah selalu melindungi kita..
    ______________________________________
    dari Bisik-bisik: Amin.

    devi fitriani

    April 29, 2010 at 2:06 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: