Singal’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Ekonomi dan Penguasa

with 6 comments

Gambaran kemajuan ekonomi negeri ini, mungkin bisa diwakili iklan real estate di radio, televisi dan media masa “Cuma satu setengah miliar rupiah, buruan ..sebentar lagi naik” para penguasa negeri pun tidak habis-habisnya menyatakan kita bertambah maju. Sementara itu, saya selalu menghitung lembaran uang di kantong, semoga cukup sampai akhir bulan.

Ketika saya menulis paragraf diatas, tiba-tiba temanku masuk dengan wajah yang ceria dan berseri, tangannya menggenggam plastik “oleh-oleh dari Cirebon pak” katanya, “hebat…ntar buka di depan teman-teman” sambutku, “baik pak..”. Hmmm…saya membayangkan kantongnya sudah kosong, tetapi hatinya sangat kaya tidak ternilai.

Bisa juga gambaran kemajuan ekonomi itu, diwakili makin banyaknya mobil dan motor alias kendaraan di Jakarta dan kota besar, berarti penduduk negeri mampu menghabiskan, waktu dan ongkos transport lebih besar dari biaya bahan pokoknya. Sementara itu pengemis anak kecil juga makin banyak di lampu-lampu merah jalanan, yang seharusnya mereka berada di sekolah atau di rumah untuk belajar.

Kemarin pagi saya dengar di radio Elshinta jalan Martadinata antara Priok dan Ancol ditutup, karena ambrol . Sebelumnya hujan deras membasahi Jakarta dan sekitarnya. Biasa!..sorenya saya dengar di radio yang sama, penjelasan-penjelasan dari penguasa tentang itu, banyak hal mulai dari lingkungan, jalan tua, dan lain-lain yang saya kurang mengerti.

Akhir-akhir ini, pemerintah sedang menyiapkan, ketua dan anggota KPK, Jaksa Agung dan Kapolri. Mereka ini akan mejadi pemegang kendali dan penjaga kebenaran. Penjaga keamanan dan kenyamanan, penjaga para pelaksana undang-undang , semoga mereka benar penjaga kebenaran. Semoga mereka adalah orang sehat baik pikiran jiwa dan rohani.

Sungguh orang yang sedang mengalami sakit jiwalah ketika dalam kekuasaannya seharusnya menyatakan yang benar tetapi mulutnya terkatub rapat, kalaupun terbuka bahkan menyatakan sebaliknya. Sungguh orang yang sakit jiwalah ketika dalam kekuasaannya seharusnya menolong orang lemah tetapi diam dan menonton saja. Sungguh orang sakit jiwalah yang dalam kekuasaannya membiarkan orang memukuli dan melukai orang lain padahal sudah tahu sebelumnya.
___________________________________________________
Dari Bisik-bisik: katanya koruptor bisa bebas kalau dinyatakan sakit berat apalagi sakit jiwa.

Advertisements

Written by Singal

September 17, 2010 at 8:28 am

6 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ekonomi gelembung busa, mudah pecah 🙂
    _______________________________________
    dari Bisik-bisik: benar bung Andi, apalagi ekonomi utang.

    andi zulkifli

    September 17, 2010 at 8:36 am

  2. Perkembangan perekonomian Negeri ini masih banyak tanda tanya yang belum terjawab, atau memang tidak dipublikasikan jawabannya ….?
    ___________________________________
    dari Bisik-bisik: iya pak Rubiyanto!, mungkin kalau dipublikasikan akan ketahuan beberapa ketidakbenarannya, yang akan membuat orang terheran-heran.

    Rubiyanto

    September 19, 2010 at 9:26 am

  3. Sudah tradisi dan budaya mungkin sang pejabat2 seperti itu koar2 sepeaker diatas panggung bak nyanyian sang kenari dipagi hari menina bobokan rakyat dg janji2 manis
    ______________________________________
    dari Bisik-bisik: iya oklek33! semoga rakyat makin pintar agar tidak terpikat janji-janji manis.

    oklek33

    September 19, 2010 at 12:40 pm

  4. (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    kalau sudah ngomongin masalah penguasa apalagi politik kepala ini rasanya tiba-tiba jadi mumet.
    _______________________________________
    dari Bisik-bisik:iya bung Alamendah!, karena mereka sering muncul terpaksa diomongin dan mumet. Sudah nasib kita begini kalee…

    alamendah

    September 19, 2010 at 4:45 pm

  5. Apabila Kapolri baru dan Ketua KPK baru dapat memilih pejabat dibawahnya dengan hati jernih dan niat yang baik maka akan sukseslah misinya.
    ___________________________________
    dari Bisik-bisik: iya pak Indra!, benar pak, karena merekalah pelaksana lapangan dan semoga Kapolri dan Ketua KPK dapat memilih orang-orang baik.

    indra t.

    September 20, 2010 at 10:00 am

  6. bicara tentang penguasa bisa dikatakan kita hampir tak dapat berbuat apa2 sebagai rakyat kecil,hanya mampu berkata okelah kalau begitu,terserah apa kata penguasa,namanya juga penguasa,bisa juga di sebut orang yang sok berkuasa!!!!
    ________________________________________
    dari Bisik-bisik: iya Blogbanjarmasin!, penguasa sok berkuasa, karena memang sok, dan hidungnya makin tinggi keatas, karena bumipun makin bau buat mereka.

    blogbanjarmasin

    October 23, 2010 at 9:54 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: